Resep Ayam Goreng Bumbu Bacem Khas Jawa Tengah


Dapat kita pastikan bahwa hampir selurh kalangan tentu sudah mengetahui sajian kuliner seperti ayam goreng bumbu bacem. Hidangan kuliner ayam goreng ini juga merupakan salah satu resep masakan nusantara yang sudah sangat terkenal. Dan seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa resep bumbu bacem awalnya berasal dari daerah Jawa Tengah.

Resep Ayam Goreng Bumbu Bacem Khas Jawa Tengah

Menu ayam goreng yang satu ini diketahui terkenal karena rasanya yang spesial. Dalam bumbu bacem ini terdapat kombinasi yang di dominasi oleh citarasa manis, asin, dan gurih, sedangkan tekstur dagingnya sendiri sangat empuk. Penasaran dengan resep ayam goreng bumbu bacem ini? Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan untuk Membuat Ayam Goreng Bumbu Bacem

  • Ayam sebanyak 500 gram
  • Kecap manis sebanyak 3 sendok makan
  • Gula merah sebanyak 70 gram, kemudian di iris tipis
  • Ketumbar bubuk sebanyak 1/2 sendok makan
  • Lengkuas sebesar 1 ruas, lalu digeprek
  • Daun salam sebanyak 4 lembar
  • Gula pasir seanyak 1/2 sendok teh
  • Kaldu bubuk sebanyak 1/2 sendok teh
  • Air kelapa sebanyak 600 ml
  • Air larutan asam jawa sebanyak 50 ml
  • Minyak goreng secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Sarang Tawon Crunchy dan Gurih

Bahan untuk Bumbu Halus Ayam Goreng Bumbu Bacem

  • Bawang merah sebanyak 6 siung
  • Bawang putih sebanyak 4 siung
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Tepung Saus Asam Manis yang Lezat

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Bumbu Bacem

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan ayam kemudian potong-potong sesuai dengan keinginan. Setelah itu, berikan air perasan jeruk nipis lalu remas-remas ayam agar air perasan jeruk nipis tersebut meresap. Terakhir cuci kembali hingga bersih dan sisihkan terlebih dahulu.
  2. Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah membuat bumbu halus terlebih dahulu. Haluskan bawang merah dan bawang putih kemudian beri garam dan gula, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, siapkan sebuah panci berukuran cukup besar kemudian tuangkan air kelapa ke dalamnya. Lalu, masukan bumbu halus yang telah disiapkan tadi beserta beberapa bumbu lainnya seperti daun salam, lengkuas, irisan gula merah, kaldu bubuk, kecap manis, ketumbar bubuk, dan air asam ke dalam wadah tersebut. Kemudian campurkan seluru bahan tersebut hingga tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya yakni memanaskan panci yang berisi bumbu tadi hingga mendidih dengan api sedang. Setelah mendidih, masukan potongan ayam kedalam rebusan bumbu tersebut. Aduk hingga ayam dan bumbu bacem tercampur rata.
  5. Masak ayam tersebut hingga air rebusan ayam surut dan menyerap sempurna pada daging ayam. Aduk sesekali dan angkat jika ayam telah matang dan teksturnya menjadi empuk lalu sisihkan.
  6. Langkah terakhir, panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya. Setelah minyak panas, goreng ayam yang telah di tiriskan tadi dengan api sedang. Usahakan ayam terendam sempurna oleh minyak dan jangan terlalu lama menggorengnya. Setelah permukaannya terlihat kering dan warnanya berubah, angkat ayam lalu tiriskan minyaknya.
  7. Hidangkan ayam goreng bumbu bacem hasil kreasi Anda tersebut di piring saji bersamaan dengan nasi hangat, lalapan segar, dan sambal terasi.
Bagaimana, tidak sulit bukan untuk membuat hidangan goreng ayam yang satu ini? Resep ayam goreng bumbu bacem ini tentu saja merupakan salah satu resep masakan nusantara yang sudah sangat populer. Dari sekain banyak hidangan khas nusantara yang ada pada saat ini, ayam goreng cumbu bacem ini tentu layak Anda coba sebagai varian lain dalam masakan sehari-hari.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Bumbu Bacem Khas Jawa Tengah :