Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning Spesial, Renyah dan Gurih!


Kendati resep ayam goreng bumbu kuning ini sudah menjadi resep yang umum, tentu ada saja kalangan yang masih beum bisa membuatnya. Dan sebenarnya, cara membuatnya sendiri sangat sederhana dan tidak terlalu menyulitkan. Penasaran dengan resep olahan ayam tersebut? Mari kita ikuti bersama ulasan resep berikut ini.

Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning Spesial, Renyah dan Gurih!


Hingga saat ini, resep ayam goreng memang sudah banyak dikembangkan. Terlebih dengan masuknya resep-resep masakan internasional, maka tak sedikit resep ayam goreng yang di kombinasikan dengan resep masakan internasioal tersebut. Namun sebenarnya masih terdapat salah satu resep ayam goreng original khas Indonesia.

Yakni resep ayam goreng bumbu kuning ini. Banyak kelebihan dari resep ayam goreng ini. Selain mudah dan praktis, olahan ayam ini juga dapat disimpan di freezer terlebih dahulu untuk di goreng saat ingin menikmatinya. Rasanya tentu juga tidak kalah dengan olahan masakan internasional, karena ayam goreng ini kaya akan rempah.

Teksturnya yang garing dan renyah akan berpadu dengan rasa gurih dari bumbu dan tekstur daging yang empuk. Penasaran dengan resep dan cara mengolah ayam goreng tersebut? Inilah resep ayam goreng bumbu kuning spesial lengkap dengan cara mengolah dan memasaknya.

Bahan-bahan untuk Membuat Ayam Goreng Bumbu Kuning

  • Ayam negeri atau ayam kampung sebanyak 1 ekor, potong-potong sesuai selera
  • Sereh sebanyak 3 batang, kemudian di geprek
  • Daun salam sebanyak 3 lembar
  • Daun jeruk sebanyak 4 lembar

Bahan-bahan Bumbu Halus Ayam Goreng Bumbu Kuning

  • Bawang merah sebanyak 8 butir
  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Kemiri sebanyak 5 butir
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok makan
  • Kunyit sebanyak 3 ruas
  • Jahe sebanyak 2 ruas
  • Lengkuas sebanyak 1 ruas
  • Garam secukupnya

Cara Memasak dan Mengolah Ayam Goreng Bumbu Kuning

  1. Pertama-tama haluskan terlebih dahulu bahan bumbu halus yang telah disiapkan tadi.
  2. Setelah itu, siapkan sebuah panci atau wajan berukuran besar untuk merebus ayam beserta bumbu halus dan bumbu lainnya hingga matang merata. Jika Anda menggunakan ayam kampung, maka disarankan merebus atau mengolah ayam dengan menggunakan presto agar dagingnya lebih empuk.
  3. Sebelum kompor dimatikan, koreksi terlebih dahulu rasa asin pada rebusan ayam tadi. Jika belum sesuai dengan selera, maka Anda dapat menambahkan garam atau penyedap rasa hingga sesuai dengan rasa yang di inginkan. Namun jangan sampai airnya surut dan habis.
  4. Jika ayam dirasa sudah matang merata dan sempurna, angkat lalu tiriskan ayam.
  5. Setelah dingin, ayam bisa langsung di goreng atau dapat juga disimpan terlebih dahulu di dalam lemari es/freezer.
  6. Siapkan wajan lain dan panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian goreng ayam sebentar hingga terlihat berkulit dan juga berubah warna ke-emasan. Jangan terlalu lama menggoreng karena sebelumnya ayam sudah di masak hingga matang.
  7. Hidangkan ayam goreng buatan Anda dengan nasi hangat. Sajian ini paling tepat di hidangkan dengan sambal dan lalapan.
Jika Anda ingin tambahan untuk hidangan ayam goreng tadi, maka sebaiknya air rebusan ayam jangan dibuang. Namun gunakan untuk merebus tahu dan juga tempe menggunakan cara memasak yang sama. Setelah itu, tahu dan tempe tersebut dapat di goreng dan di hidangkan bersama dengan ayam goreng bumbu kuning tadi.

Bagaimana, sangat mudah bukan membuat ayam goreng bumbu kuning ini? Resep olahan ayam ini mungkin sudah menjadi resep umum hingga saat ini, namun terkadang tidak semua kalangan bisa membuatnya. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar, maka dapat mencoba berkreasi dengan resep ayam goreng bumbu kuning spesial di atas.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning Spesial, Renyah dan Gurih! :