Resep Ayam Goreng Lengkuas Khas Kota Bandung


Salah satu resep masakan ayam seperti resep ayam goreng lengkuas berikut ini memang merupakan salah satu masakan khas nusantara. Khususnya dari daerah Provinsi Jawa Barat yakni kota Bandung. Kota yang memiliki julukan kota kembang ini memang selalu terkenal dengan beragam kulinernya yang lezat nan nikmat.

Resep Ayam Goreng Lengkuas Khas Kota Bandung


Dan salah satunya yakni ayam goreng bumbu lengkuas yang garing dan renyah diluar namun sangat empuk di dalam. Resep ayam goreng sendiri dewasa ini memang sudah sangat beragam, namun berbeda dengan resep ayam goreng bumbu lengkuas yang satu ini. Ya, karena hidangan khas nusantara ini mungkin dapat dikatakan selalu menjadi hidangan yang favorit.

Terlebih sebenarnya cara membuat ayam goreng ini tidaklah sulit. Banyak yang beranggapan demikian karena mungkin belum pernah mencobanya untuk membuat sendiri di rumah. Bahkan diketahui bumbu yang dibutuhkan pun tidaklah bervariasi atau bermacam-macam. Sehingga sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita.

Coba Juga : Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning Spesial, Renyah dan Gurih!

Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba belajar membuatnya sendiri di rumah, maka inilah ulasan resep ayam goreng lengkuas lengkap dengan bahan serta cara pembuatannya.

Bahan dan Bumbu Ayam Goreng Lengkuas

  • Ayam sebanyak 500 gram, dapat menggunakan ayam kampung atau ayam negri sesuai dengan selera
  • Bawang putih sebanyaak 8 siung
  • Lengkuas yang masih muda sebanyak 100 gram
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok teh
  • Kunyit sebesar 5 cm
  • Jahe sebesar 10 cm
  • Serai sebanyak 2 batang
  • Daun salam sebanyak 3 lembar
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Ayam Goreng Lengkuas

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat bumbu halus terlebih dahulu. Haluskan bahan-bahan seperti bawang, jahe, ketumbar, dan juga garam menggunakan blender. Atau dapat juga dengan cara ditumbuk/diulek.
  2. Langkah selanjutnya setelah bumbu halus jadi adalah menumbuk lengkuas hingga halus. Setelah itu, campurkan lengkuas yang sudah dihaluskan tadi dengan bumbu halus pertama tadi.
  3. Siapkan wajan atau panci kemudian masukan ayam dan bumbu yang sudah dibuat tadi, ungkep ayam kemudian masukan serai dan daun salam. Dengan di ungkep, maka daging ayam pada nantinya akan lebih empuk dan bumbu pun meresap sempurna ke dalam daging.
  4. Aduk hingga merata dan cobalah terlebih dahulu rasanya, dapat ditambahkan bumbu yang kurang sesuai dengan selera masing-masing. Ungkep kembali ayam tadi hingga tekstur ayam menjadi lebih empuk dan bumbu meresap sempurna.
  5. Setelah itu, matikan kompor dan tiriskan terlebih dahulu ayam hingga dingin. Setelah dingin, saring bumbu lengkuas dan ayam pun sudah dapat di goreng.
  6. Langkah berikutnya yakni menyiapkan wajan bersih dan tuangkan minyak goreng, panaslan terlebih dahulu minyak goreng hingga benar-benar panas dan gorenglah ayam hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan dan terlihat garing.
  7. Setelah semua ayam di goreng, lanjutkan dengan menggoreng bumbu lengkuas yang telah di saring tadi setelah di ungkep hingga kering dan renyah.
  8. Dan langkah terakhir, hidangkan ayam goreng lengkuas tadi dengan taburan bumbu lengkuas yang sudah di goreng sebelumnya. Hidangan ini paling tepat di sajikan dengan nasi hangat beserta sambal dan lalapan.
Terkadang memang sebagian kalangan malas membuat sendiri hidangan masakan berbahan dasar ayam seperti ayam goreng lengkuas ini. Namun jika sudah bisa membuatnya sendiri di rumah, untuk apa membelinya di luar bukan? Semoga resep ayam goreng lengkuas khas kota Bandung di atas tadi dapat mengispirasi dan bermanfaat serta menambah koleksi resep masakan para ibu semuanya.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Lengkuas Khas Kota Bandung :