Resep Ayam Goreng Blambangan Khas Banyuwangi


Menu ayam goreng khas Banyuwangi atau yang lebih dikenal dengan nama menu ayam goreng blambangan ini tentunya merupakan salah satu resep olahan ayam yang spesial. Indonesia memang dikenal memiliki ragam kuliner yang berasal dari berbagai macam pelosok daerah. Salah satunya yakni hidangan ayam goreng blambangan ini.

Resep Ayam Goreng Blambangan Khas Banyuwangi

Sebenarnya resep ayam goreng blambangan ini tidak banyak menggunakan rempah atau bumbu yang asing atau sulit ditemukan. Kendati demikian, diketahui bahwa citarasa ayam goreng ini sangatlah enak dan lezat serta gurih hingga ke bagian dalam dagingnya. Tidak terdapat bumbu rahasia akan tetapi cenderung menggunakan bumbu yang simple dan minimalis.

Lalu, bagaimana cara membuat ayam goreng blambangan khas Banyuwangi ini? Untuk Anda yang penasaran dan sudah tidak sabar, maka berikut ini adalah resep dan cara membuat ayam goreng blambangan yang dapat dicoba sendiri di rumah.

Bahan-Bahan untuk Membuat Ayam Goreng Blambangan

  • Paha ayam bagian atas dan bawah sebanyak 4 potong (resep aslinya menggunakan paha ayam kampung muda)
  • Jeruk nipis segar sebanyak 1 buah
  • Garam halus sebanyak 1 sendok makan
  • Bawang putih halus sebanyak 1 sendok makan munjung
  • Kunyit sebesar 1 ruas
  • Sereh sebanyak 1 batang, kemudian di geprek
  • Jahe giling sebanyak 1/2 sendok teh
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Penyet Pedas Spesial

Bahan untuk Membuat Sambal Ayam Goreng Blambangan

  • Cabai merah keriting sebanyak 20 buah
  • Cabai rawit merah sebanyak 15 buah
  • Tomat segar berukuran sedang sebanyak 2 buah
  • Garam secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Tepung Spicy Oatmeal Ala KFC yang Lezat

Cara Membuat Ayam Goreng Blambangan dan Sambalnya

  1. Langkah pertama cuci bersih terlebih dahulu ayam. Setelah itu lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan juga garam hingga merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu cuci kembali hingga bersih dan sisihkan.
  2. Haluskan terlebih dahulu kunyit yang telah disiapkan kemudian campurkan dengan beberapa bahan lainnya seperti jahe, bawang putih, dan garam. Setelah bumbu tercampur rata, lumuri ayam dengan bumbu tersebut kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  3. Setelah 1 jam, kukus ayam dengan api kecil selama kurang lebih 1 jam hingga matang sempurna dan teksturnya empuk. Angkat lalu tiriskan.
  4. Sementara menunggu, buatlah sambal dengan cara mengukus terlebih dahulu beberapa bahan-bahan sambal seperti cabai dan tomat di dalam sebuah plastik khusus makanan. Bahan-bahan sambal tersebut dapat di kukus bersamaan dengan ayam tadi. Selain itu, jumlah cabai keriting maupun cabai rawit juga dapat di sesuaikan dengan selera masing-masing untuk tingkat kepedasannya.
  5. Setelah bahan-bahan sambal tersebut layu, haluskan bahan sambal tersebut dengan cara diulek menggunakan cobek. Berikan tambahan garam secukupnya lalu aduk hingga merata dan rasanya pas di lidah, sisihkan terlebih dahulu.
  6. Dan langkah terakhir adalah, panaskan wajan dengan minyakl goreng yang cukup banyak. Setelah minyak panas, kemudian goreng ayam yang telah di kukus tadi hingga terlihat garing dan berkulit serta berubah warna menjadi kecokelatan. Angkat dan tiriskan minyaknya.
  7. Hidangkan ayam goreng tadi pada piring saji bersamaan dengan sambal yang telah dibuat sebelumnya. Sajian ayam goreng blambangan ini paling tepat di hidangkan dengan nasi hangat dan juga lalapan segar.
Bagaimana, sangat mudah bukan membuat ayam goreng blambangan ini? Selain caranya yang relatif mudah, bahan-bahan untuk membuat menu ayam goreng ini pun sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Untuk Anda yang gemar menyantap menu ayam goreng, maka sajian ayam goreng blambangan ini tentu merupakan salah satu hidangan yang wajib dicoba.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Blambangan Khas Banyuwangi :