Resep Ayam Goreng Renyah Ala Bangkok Thailand


Varian resep seperti ayam goreng renyah ala Bangkok Thailand ini mungkin dapat dikatakan sebagai varian resep olahan ayam yang memiliki citarasa sesuai dengan orang Indonesia. Ya, karena sebenarnya menu ayam goreng sendiri pada umumnya tidak memiliki rasa yang begitu berbeda antara satu dengan lainnya.

Resep Ayam Goreng Renyah Ala Bangkok Thailand

Salah satunya seperti varian ayam goreng renyah ala Bangkok Thailand ini, yang juga dipastikan cocok dengan lidah orang Indonesia. Seperti apa rasanya? Langsung saja, inilah resep dan cara membuat ayam goreng renyah ala Bangkok Thailand yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Bahan Ayam Goreng Renyah Ala Bangkok Thailand

  • Ayam sebanyak 1 ekor potong menjadi 12 bagian (bagian sayap potong menjadi 2 bagian)

Bumbu Rendaman Ayam Goreng Renyah Ala Bangkok Thailand

  • Bawang putih sebanyak 6 siung
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok makan
  • Butir lada sesuai selera
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
  • Gula sebanyak 1 sendok teh
  • Kaldu ayam sebanyak 1 blok
  • Saus tiram sebanyak 3 sendok makan (atau bisa juga di ganti kecap asin)
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Krispi Rempah yang Renyah dan Gurih

Bahan Pelapis Ayam Goreng Renyah Ala Bangkok Thailand

  • Tepung beras sebanyak 1 cangkir
  • Kaldu ayam sebanyak 1 blok
  • Baking soda sebanyak 2 sendok teh (dilarutkan dalam air 3/4 cangkir)
  • Garam secukupnya
  • Tepung beras sebanyak 1 cangkir (untuk melapisi ayam)
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Tepung Saus Teriyaki yang Lezat Menggoda

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Renyah Ala Bangkok Thailand

  1. Pertama-tama cuci ayam yang sudah di potong-potong terlebiah dahulu hingga bersih, lalu lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis hingga merata. Sisihkan.
  2. Langkah kedua yakni menghaluskan semua bumbu rempah yang telah disiapkan sebelumnya. Kemudian tambahkan kaldu blok, saus tiram dan garam, aduk hingga semua bumbu tercampur rata. Setelah itu, rendam ayam menggunakan bumbu tersebut selama kuranng lebih 3 jam.
  3. Setelah merendam ayam, maka langkah selanjutnya adalah mencampurkan bahan untuk pelapis ayam. Campurkan air baking soda dengan tepung beras beserta beberapa bahan lainnya seperti garam dan juga kaldu blok. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata.
  4. Siapkan kembali ayam yang sudah direndam tadi, kemudian celupkan ayam satu persatu pada bahan pelapis yang telah Anda buat sebelumnya. Setelah itu, gulingkan ayam pada tepung beras hingga seluruh permukaan ayam tertutup rata. Namun usahakan jangan melapisi ayam terlalu tebal. Karna ayam goreng khas Thailand tidak seperti ayam goreng pada umumnya, yang di goreng hingga tepung nya kering dan tebal. Lalu diamkan dan anginkan ayam kurang lebih selama 45 menit agar tidak terlalu basah.
  5. Setelah waktu yang telah di tentukan, goreng ayam dengan menggunakan teknik deep fry. Caranya adalah, panaskan wajan dengan jumlah minyak goreng yang cukup banyak menggunakan api kecil.
  6. Setelah minyak panas, kini saatnya Anda menggoreng ayam yang telah disisihkan sebelumnya. Goreng ayam dengan teknik deep fry hingga matang dan berubah warna menjadi coklat keemasan. Angkat dan tiriskan. Dalam proses menggoreng, bolak-balik ayam agar matang secara merata.
  7. Hidangkan Ayam goreng renyah ala Bangkok Thailand hasil kreasi Anda tersebut selagi hangat. Dan ayam goreng ini paling pas di hidangkan dengan nasi hangat yang ditaburi bawang goren dan sambal khas Bangkok.
Itulah cara mengolah dan membuat ayam goreng khas kota Bangkok yang terletak di negara Thailand. Ayam tepung goreng ini berbeda dengan ayam gorengg tepung yang ada di Indonesia, namun rasa dari ayam goreng ini tidak kalah dengan sajian khas nusantara. Semoga varian resep ayam goreng renyah ala Bangkok Thailand di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Renyah Ala Bangkok Thailand :