Resep Ayam Goreng Cabe Ijo Spesial, Pedas Menggugah Selera


Jika Anda tengah merasa bosan dengan resep masakan ayam yang ada maka sebaiknya mencoba varian resep ayam goreng cabe ijo spesial yang satu ini. Terlebih jika memang Anda dan keluarga adalah pecinta jenis makanan pedas. Maka dipastikan variasi resep ayam goreng yang satu ini akan menjadi salah satu hidangan favorit.

Resep Ayam Goreng Cabe Ijo Spesial, Pedas Menggugah Selera

Untuk membuatnya pun tidaklah sulit, masih seperti membuat ayam goreng pada umumnya yang harus diungkep serta menggunakan bumbu yang sudah tak asing. Penasaran dengan cara membuat ayam goreng cabe ijo spesial ini? Langsung saja, inilah resep ayam oreng cabe ijo spesial lengkap dengan cara mengolah dan pembuatannya.

Bahan untuk Membuat Ayam Goreng Cabe Ijo

  • Ayam sebanyak 1/4 Kg, potong sesuai selera
  • Tomat ijo sebanyak 1 buah
  • Bawang merah sebanyak 5 buah
  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • Daun jeruk sebanyak 3 lembar
  • Lengkuas sebesar 1/2 cm
  • Sereh sebanyak 1 batang
  • Penyedap rasa ayam sebanyak 1/2 sendok teh
  • Air mentah sebanyak 3 gelas
  • Minyak goreng secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Saus Mentega Spesial, Lezat dan Gurih

Bahan untuk Bumbu Halus Ungkepan Ayam

  • Ketumbar bubuk sebanyak 1/2 sendok teh
  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Kunir sebanyak 1/2 ruas
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Tepung Crispy Renyah ala KFC

Cara Membuat Ayam Goreng Cabe Ijo Spesial

  1. Pertama-tama, bersihkan ayam hingga bersih terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, buatlah bumbu halus terlebih dahulu untuk ungkepan ayam. Haluskan semua bahan bumbu halus yang telah disiapkan tadi dengan cara di blender atau diulek.
  3. Setelah itu, siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu halus tadi hingga mengeluarkan aroma harum lalu tambahkan air, masukan ayam yang telah dibersihkan tadi dan ungkep hingga airnya surut.
  4. Sementara menunggu, iris bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau.
  5. Setelah itu haluskan cabe keriting hijau serta rawit merah dengan jumlah sesuai dengan selera pedas masing-masing (dapat di ulek atau di blender).
  6. Campurkan cabe dan rawit yang telah dihaluskan tadi dengan bumbu halus. Geprek sereh dan lengkuas kemudian masukan pada bumbu tersebut dan aduk rata.
  7. Setelah ayam ungkep tadi matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu. Sementara itu, panaskan kembali wajan dan isi dengan minyak goreng untuk menggoreng ayam. Setelah minyak panas, goreng ayam ungkepan tadi dan usahakan terendam oleh minyak goreng agar kering merata hingga berwarna kecokelatan. Angkat dan sisihkan.
  8. Setelah itu, panaskan kembali wajan namun dengan sedikit minyak goreng. Tumis bawang putih dan bawang merah yang di iris tadi bersamaan dengan bumbu halus yang dicampur sereh dan lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan penyedap rasa.
  9. Setelah mengeluarkan aroma yang harum, masukan agam goreng yang telah di sisihkan tadi dan masak hingga bumbu tercampur rata. Koreksi terlebih dahulu rasanya, jika ada yang kurang maka Anda dapat menambahkannya sesuai dengan selera.
  10. Setelah dirasa pas, masukan ayam dan masak hingga seluruh bumbu bercampur rata dengan ayam dan matang sempurna.
  11. Angkat dan hidangkan ayam goreng cabe ijo hasil kreasi Anda tadi selagi hangat. Paling pas di hidangkan dengan nasi hangat dan lalapan segar.

Menu ayam goreng di atas tadi tentu dapat menjadi sala satu hidangan yang spesial dalam menu makanan sehari-hari. Sebenarnya eresep olahan ayam sendiri hingga saat ini sudah sangat beragam dan bermacam-macam. Dari sekian banyak aneka masakan ayam yang ada, tentu Anda juga harus mencoba resep ayam goreng cabe ijo spesial yang satu ini.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Cabe Ijo Spesial, Pedas Menggugah Selera :