Resep Ayam Goreng Saus Mentega Spesial, Lezat dan Gurih


Tentunya siapa yang tak kenal dengan resep olahan ayam seperti ayam goreng saus mentega ini. Daging ayam memang merupakan salah satu bahan masakan yang mudah di olah menjadi masakan apa saja. Selain di goreng, tentu saja ayam juga dapat di olah menjadi masakan lain dengan citarasa yang bervariasi.

Resep Ayam Goreng Saus Mentega Spesial, Lezat dan Gurih


Ya, salah satunya adalah dimasak dengan resep saus mentega. Kendati masih masuk pada kategori ayam goreng, namun masakan ini berbeda dengan ayam goreng pada umumnya. Diketahui bahwa masakan ini awalnya berasal dari negara Belanda. Hal tersebut karena diketahui terdapat bumbu yang digunakan seperti kecap inggris dan mentega.

Namun di Indonesia sendiri, resep ayam goreng saus mentega ini banyak dikembangkan oleh etnis Tionghoa. Maka dari itulah tak heran jika masakan ini sangat mudah dijumpai di berbagai menu Chinese Food. Penasaran dengan cara membuatnya? Inilah resep ayam goreng saus mentega spesial lengkap dengan cara membuatnya.

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Goreng Saus Mentega

  • Ayam sebanyak 10 potong
  • Jeruk nipis atau jeruk lemon sebanyak 1 buah, peras dan saring airnya
  • Lada 1/2 sendok teh
  • Bawang bombay sebanyak 1 buah, kemudian di iris
  • Bawang putih sebanyak 4 siung, kemudian cincang halus
  • Mentega sebanyak 4 sendok makan
  • Saus tiram sebanyak 2 sendok makan
  • Kecap inggris sebanyak 1 sendok makan
  • Saus tomat sebanyak 2 sendok makan
  • Kecap manis sebanyak 2 sendok makan
  • Air sebanyak 4 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Gula pasir sebanyak 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya

Coba Juga : Resep Ayam Goreng Tepung Crispy Renyah ala KFC

Cara Memasak Ayam Goreng Saus Mentega Spesial

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengolah daging ayam terlebih dahulu. Agar terasa empuk maka lumuri terlebih dahulu ayam dengan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon, kemudian campurkan 1/2 sendok teh lada dan sedikit garam lalu diamkan beberapa saat.(untuk bumbu seperti lada dan garam adalah bumbu opsional yang dapat disesuaikan dengan selera masing-masing).
  2. Langkah selanjutnya yakni memanaskan minyak goreng pada wajan untuk menggoreng ayam. Goreng ayam yang sudah di olah tadi hingga kering atau dapat disesuaikan dengan selera masing-masing untuk tingkat kekeringannya. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  3. Untuk membuat saus mentega, maka panaskan mentega dalam wajan baru hingga mencair dengan api kecil. Tumis bawang putih hingga mengeluarkan aroma harum kemudian masukan bawang bombay.
  4. Setelah bawang bombay mengeluarkan aroma yag harum, masukan bahan bumbu lainnya seperti kecap inggris, saus tiram, saus tomat, kecap manis, gula, air, dan juga garam. Aduk beberapa saat hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Selanjutnya, cicipi terlebih dahulu saus mentega tersebut. Jika ada yang dirasa belum memenuhi selera maka Anda dapat menambahkan bumbu hingga sesuai dengan selera Anda.
  6. Setelah rasanya sempurna, maka masukan ayam goreng tadi dan masak hingga seluruh potongan ayam terlumuri oleh saus mentega dengan sempurna. Angkat lalu hidangkan dengan nasi hangat.

Coba Juga : Resep Ayam Goreng Lengkuas Khas Kota Bandung

Ayam goreng saus mentega ini memang merupakan salah satu masakan yang cukup banyak diminati dari berbagai aneka masakan ayam yang ada. Terlebih cara membuatnya pun tidaklah sulit dan bahan-bahannya mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Semoga ulasan resep ayam goreng saus mentega spesial di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan menambah koleksi resep Anda semuanya.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Saus Mentega Spesial, Lezat dan Gurih :