Resep Ayam Goreng Balado Spesial, Gurih dan Pedas


Sajian kulier seperti ayam goreng balado memang dapat dengan mudah kita temukan dimana-mana. Citarasa yang pedas dengan tekstur ayam yang renyah memang merupakan salah satu cirikhas rasa dari resep olahan ayam tersebut. Bagi Anda yang gemar menyantap hidangan bercitarasa pedas, maka hidangan ini dipastikan sesuai dengan lidah Anda.

Resep Ayam Goreng Balado Spesial, Gurih dan Pedas

Pada umumnya, hidangan ayam goreng balado ini memang sangat mudah di temukan di berbagai rumah makan padang. Namun jika harus membelinya disana, mungkin akan terhitung lebih mahal jika dibandingkan dengan membuatnya sendiri di rumah. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan resep dan cara membuat ayam goreng balado tersebut, maka dapat mencoba resep ayam goreng balado spesial berikut ini.

Bahan-bahan untuk Membuat Ayam Goreng Balado

  • Ayam sebanyak 1/2 Kg, potong sesuai dengan selera 
  • Daun salam sebanyak 4 lembar 
  • Serai sebanyak 2 batang 
  • Jeruk nipis sebanyak 1/2 potong 
  • Lengkuas sebesar 1 ruas jari 
  • Air bersih sebanyak 500 ml 
  • Garam secukupnya 
  • Gula pasir secukupnya 
  • Penyedap rasa secukupnya 
Coba Juga : Resep Ayam Gorng Cabe Ijo Spesial, Pedas Menggugah Selera

Bahan-bahan untuk bumbu halus Ayam Goreng Balado

  • Bawang merah sebanyak 5 siung 
  • Bawang putih sebanyak 3 siung 
  • Cabai merah sebanyak 12 buah (dapat di tambah atau di kurangi sesuai dengan selera) 
  • Tomat merah sebanyak 1 buah 
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Saus Mentega Spesial, Lezat dan Gurih

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Balado

  1. Pertama-tama cuci hingga bersih ayam yang telah di potong tadi, kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis kemudkan diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit. 
  2. Sementara menunggu, panaskan wajah dan tuangkan air sebanyak 1/2 liter. Masukan daun salam, serai sebanyak 1 batang, garam sebanyak setengah sendok makan, dan ayam (setelah 15 menit). Masak hingga mendidih dan airnya surut/habis, angkat lalu tiriskan ayam tersebut. 
  3. Setelah itu, panaskan minyyak goreng dalam wajan terpisah. Usahakan jumlah minyak sedikit lebih banyak agar pada nantinya ayam terendam seluruhnya dan juga agar tidak lengket ke wajan. 
  4. Setelah minyak panas, goreng ayam yang telah di tiriskan tadi dengan api sedang hingga matang dan berbah warna menjadi kuning kecokelatan. Lalu angkat dan tiriskan. 
  5. Langkah selanjutnya yakni memasak bumbu halus untuk balado. Panaskan terlebih dahulu minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus bersamaan dengan lengkuas dan serai sebanyak 1 batang hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, masukan bumbu lain seperti garam, penyedap rasa, dan gula secukupnya 
  6. Lanjutkan menumis bumbu halus tadi hingga mengeluarkan aroma harum, gunakan api sedang agar bumbu matang merata dan tidak gosong. Cicipi terlebih dahulu hingga rasanya sesuai dengan selera masing-masing. 
  7. Sebelum bumbu matang, masukan ayam yang telah di goreng tadi sebelumnya dan masak hingga bumbu meresap sempurna pada ayam. Cicipi kembali jika masih ada rasa yang kurang, dapat ditambahkan sesuai dengan selera. 
  8. Setelah matang, angkat lalu sajikan ayam goreng balado spesial hasil kreasi Anda. Sebagai bahan tambahan, ayam goreng bumbu balado ini dapat dihidangkan dengan lalapan segar seperti irisan tomat, irisan mentimun, dan daun selada yang segar sebagai penghias hidangan. 
Resep masakan ayam yang satu ini mungkin memang akan sangat mudah ditemukan di berbagai tempat makan atau restoran, khususnya mungkin di berbagai rumah makan padang. Namun jika Anda dapat membuatnya sendiri di rumah, tentu citarasanya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Semoga varian resep ayam goreng balado tadi dapat menambah koleksi resep masakan Anda semuanya dan selamat mencoba.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Balado Spesial, Gurih dan Pedas :