Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak yang Menggoda dan Menggiurkan


Satu lagi resep masakan nusantara yang sudah terkenal karena citarasanya yang menggoda yakni ayam goreng bumbu rujak. Biasanya, hidangan ini akan sangat mudah ditemukan di acara-acara resmi sebagai salah satu menu buffet atau prasmanan. Namun tentu saja untuk menikmatinya kita tidak harus selalu menunggu acara-acara resmi tersebut.

Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak yang Menggoda dan Menggiurkan

Ya, seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi pada saat ini, maka informasi resep masakan pun kini dapat ditemukan lebih mudah di berbagai media online. Mulai dari sajian resep masakan internasional hingga varian resep masakan khas nusantara. Seperti salah satunya adalah resep ayam goreng bumbu rujak ini.

Ayam goreng bumbu rujak ini memang dikenal memiliki citarasa yang sangat menggoda dan menggiurkan. Rasa manis, asam, dan pedas, memang dikenal sebagai dominasi rasa dari hidangan ayam goreng yang satu ini. Untuk Anda yang penasaran ingin membuatnya sendiri di rumah, maka inilah resep dan cara membuat ayam goreng bumbu rujak.

Bahan dan Bumbu Halus Ayam Goreng Bumbu Rujak

  • Ayam kampung sebanyak 1/2 ekor
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Kunyit sebesar 2 ruas
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok teh
  • Garam sebanyak 2 sendok makan
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Bumbu Bali Lezat Kaya Akan Rempah

Bahan untuk Bumbu Rujak Ayam Goreng Bumbu Rujak

  • Jeruk nipis sebanyak 1/2 buah
  • Gula merah sebanyak 3 buah
  • Cabe rawit sebanyak 8 buah, (dapat ditambah atau dikurangi sesuai selera)
  • Garam sebanyak 1/2 sendok teh
  • Air secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Bumbu Bacem Khas Jawa Tengah

Cara Membuat dan Mengolah Ayam Goreng Bumbu Rujak

  1. Pertama-tama cuci bersih ayam kampung yang telah disiapkan tadi, kemudian potong-potong sesuai dengan selera masing-masing dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat bumbu halus terlebih dahulu dengan cara diulek hingga lembut.
  3. Setelah itu, panaskan air di dalam panci secukupnya dan biarkan hingga mendidih. Setelah mendidih, masukan bumbu dan aduk terlebih dahulu kemudian masukan ayam yang telah di potong-potong dan ungkep ayam bumbu teresebut hingga airnya surut dan ayamnya matang merata serta empuk. Angkat lalu tiriskan kembali.
  4. Setelah ayam dingin, panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng dengan jumlah yang cukup banyak. Setelah panas, goreng seluruh ayam yang telah di ungkep dan di tiriskan hingga berubah warna menjadi kuning ke-emasan dan berkulit. Angkat lalu sisihkan kembali. Usahakan ayam terendam sempurna oleh minyak saat di goreng.
  5. Langkah selanjutnya yakni menghaluskan bumbu rujak yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah bumbu rujak jadi, panaskan kembali wajan namun dengan minyak sedikit untuk menumis. Setelah panas, tumis bumbu rujak tadi hingga mengeluarkan aroma yang harum dan tambahkan sedikit air hingga terksturnya lebih encer.
  6. Setelah mendidih, masukan seluruh ayam yang telah di goreng tadi dan aduk hingga bercampur rata dengan seluruh bumbu. Aduk terus dan koreksi terlebih dahulu rasanya, jika ada yang kurang maka dapat meenambahkannya sesuai dengan selera. Biarkan hingga airnya mengental kembali lalu angkat hidangkan.
  7. Siapkan piring saji kemudian sajikan ayam goreng bumbu rujak tadi dengan taburan bawang goreng di atasnya. Dapat juga menambahkan bahan pelengkap lain seperti daun selada segar dan juga beberapa irisan tomat.
Tidak sulit bukan membuat ayam goreng bumbu rujak ini? Walaupun merupakan salah satu menu ayam goreng yang sederhana, namun variasi resep masakan ayam ini dapat menjadi alternatif lain disaat Anda bosan dengan menu ayam goreng pada umumnya. Semoga resep ayam goreng bumbu rujak di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan dapat menambah koleksi resep masakan Anda semuanya.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Bumbu Rujak yang Menggoda dan Menggiurkan :