Resep Ayam Goreng Manis Pedas Spesial yang Lezat


Resep ayam goreng manis pedas spesial yang satu ini merupakan salah satu dari aneka masakan ayam yang dapat Anda coba. Membuat hidangan ayam goreng tentu saja tidak harus selalu menggunakan resep konvensional yang umum di kalangan masyarakat. Karena hingga saat ini sudah banyak varian resep ayam goreng lain yang dapat dicoba.

Resep Ayam Goreng Manis Pedas Spesial yang Lezat


Terlebih jika Anda dapat mengolah dan mengembangkannya, maka tidak menutup kemungkinan ayam goreng tersebut akan menjadi olahan ayam yang lezat namun berbeda. Contohnya seperti ayam goreng manis pedas spesial ini. Selain rasa gurih yang sudah menjadi cirikhas dari masakan seperti ayam goreng, Anda juga akan mendapatkan sensasi rasa pedas dan manis.

Rasa tersebut tentu saja memberikan nuansa yang berbeda pada citarasa ayam goreng pada umumnya. Rasa manis dan pedas yang diperoleh dari resep ayam goreng ini memang akan menjadikan rasa ayam goreng lebih segar dan berbeda. Penasaran dengan resep ayam goreng spesial tersebut? Inilah resep ayam goreng manis pedas Spesial lengkap dengan cara mengolah dan membuatnya yang dapat Anda coba sendiri di rumah.
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Serundeng yang Gurih dan Crunchy

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Goreng Manis Pedas Spesial

  • Ayam sebanyak 1 kg, potong sesuai selera masing-masing
  • Cabe merah sebanyak 5 buah
  • Cabai rawit sebanyak 5 buah
  • Bawang putih sebanyak 2 siung
  • Bawang merah sebanyak 3 siung
  • Jahe secukupnya
  • Penyedap rasa ayam secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Garam halus dan kasar secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Surabaya Spesial yang Renyah dan Gurih

Cara Membuat dan Mengolah Ayam Goreng Manis Pedas Spesial

  1. Pertama-tama potong-potong terlebih dahulu ayam yang telah disiapkan sesuai dengan selera, kemudian bersihkan ayam hingga benar-benar bersih.
  2. Setelah itu, taburi ayam tersebut dengan garam halus dan aduk hingga semua daging ayam tersebut terlumuri dengan garam tersebut dan sisihkan.
  3. Selanjutnya, panaskan miyak goreng dalam wajan dengan jumlah yang cukup banyak. Kemudian goreng ayam tadi dan usahakan terendam sempurna oleh minyak goreng. Setelah ayam berubah warna menjadi cokelat ke-emasan, angkat ayam dan tiriskan terlebih dahulu.
  4. Langkah selanjutnya adalah mengolah bumbu, iris bawang merah yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu haluskan cabe merah dan cabe rawit dengan cara diulek hingga halus (untuk bahan ini dapat ditambahkan atau dikurangi sesuai dengan selera), kemudian masukan jahe, bawang putih, serta kemiri dan ulek kembali hingga halus dan tercampur rata.
  5. Panaskan kembali wajan namun dengan takaran minyak untuk menumis, goreng bawang merah yang telah di iris tadi hingga mengeluarkan aroma harum. Setelah itu, masukan seluruh bumbu halus yang telah dibuat tadi hingga mengeluarkan aroma yang berbeda.
  6. Tambahkan penyedap rasa dan uga kecap manis sesuai dengan selera. Koreksi kembali rasa bumbu tersebut hingga mendapatkan rasa yang sesuai dengan lidah masing-masing.
  7. Setelah dirasa sempurna, masukan ayam yang telah di goreng sebelumnya dan aduk hingga bercampur rata dengan bumbu tersebut. Masak sebentar hingga bumbu meresap sempurna ke dalam ayam, kemudian angkat dan hidangkan ayam goreng manis pedas spesial hasil kreasi Anda tersebut.
Sangat mudah bukan? Membuat hidangan masakan berbahan dasar ayam yang lezat tentu saja tidak harus menggunakan resep internasional saja. Namun dapat juga menggunakan resep sederhana dengan bahan dan bumbu yang mudah diperoleh dari lingkungan sekitar kita. Salah satunya seperti mengolah resep ayam goreng manis pedas spesial yang satu ini.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Manis Pedas Spesial yang Lezat :