Resep Ayam Goreng Rica-Rica Spesial


Tentunya siapa yang tidak kenal dengan resep olahan ayam seperti ayam goreng rica-rica spesial ini. Resep masakan nunsantara yang satu ini diketahui merupakan jenis kuliner yang berasal dari daera Manado, Sulawesi Utara. Karena di daerah tersebut, hampir seluruh masakan akan dihidangkan dengan citarasa yang pedas.

Resep Ayam Goreng Rica-Rica Spesial


Seperti salah satu contohnya yakni ayam goreng rica-rica ini. Ayam goreng rica-rica sendiri merupakan hidangan variasi ayam goreng yang dimasak dengan bumbu rempah bercitarasa pedas. Citarasanya sendiri di dominasi oleh rasa pedas dan aroma rempah yang kuat, namun justru rasa tersebutlah yang menjadi cirikhas dan kelezatan dari hidangan ini.

Sebenarnya untuk memasak dan mengolah hidangan ayam ini tidaklah sulit. Anda hanya akan membutuhkan resep yang lengkap. Bagi Anda yang penasaran ingin mencoba, maka inilah resep ayam goreng rica-rica spesial lengkap dengan cara mengolah dan membuatnya.

Bahan dan Bumbu Resep Ayam Goreng Rica-Rica Spesial

  • Ayam sebanyak 500 gram
  • Air perasan jeruk nipis
  • Serai sebanyak 2 batang, kemudian memarkan
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • Daun jeruk sebanyak 2 lembar
  • Daun bawang berukuran besar sebanyak 1 batang
  • Air bersih secukupnya
  • Garam, merica bubuk, dan gula pasir secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Pete Pedas yang Lezat dan Menggoda

Bumbu Halus Ayam Goreng Rica-Rica Spesial

  • Cabai merah sebanyak 50 gram
  • Cabai rawit merah sebanyak 9 buah
  • Bawang putih sebanyak 8 siung
  • Jahe sebesar 1 ruas jari
  • Tomat segar sebanyak 1 buah
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Manis Pedas Spesial yang Lezat

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Rica-Rica Spesial

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencuci ayam hingga bersih. Setelah itu, lumuri ayam dengan air perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Diamkan sesaat terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam wajan dalam jumlah yang cukup banyak. Setelah panas, goreng semua ayam tadi hingga kering dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Lalu angkat dan tiriskan. Sebaiknya gunakan api kecil agar ayam tidak gosong.
  3. Sementara menunggu ayam matang, Anda dapat meyiapkan bumbu yakni mengiris tomat dengan ukuran yanng tebal, memotong daun bawang (potong bulat), dan menyobek kasar daun salam serta daun jeruk.
  4. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan menghaluskan bumbu halus yang telah disiapkan tadi. Namun sebaiknya dihaluskan secara kasar saja jangan tidak terlalu lembut, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  5. Setelah seluruh ayam goreng matang, maka kini saatnya menumis bumbu yang telah disiapkan tadi. Panaskan kembali wajan namun dengan minyak goreng secukupnya, tumis bumbu halus tadi bersamaan dengan daun jeruk, daun salam, dan serai yang telah disiapkan.
  6. Setelah mengeluarkan aroma yang harum, tambahkan garam, merica bubuk, dan gula pasir secukupnya (sesuaikan dengan selera masing-masing). Aduk kembali hingga semua bumbu bercampur rata dan koreksi rasanya.
  7. Setelah mendapatkan rasa yang di inginkan, maka masukan ayam goreng dan aduk hingga bercampur rata dengan bumbu. Setelah itu, tambahkan air dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Biarkan hingga mendidih dan kuahnya surut serta mengental.
  8. Langkah terakhir, masukan potongan daun bawang dan aduk kembali hingga merata. Angkat lalu hidangkan selagi hangat. Sajian ayam goreng bumbu rica-rica pedas ini paling tepat di hidangkan dengan nasi hangat.
Resep olahan ayam ini merupakan salah satu resep masakan nusantara yang memiliki citarasa khas dan berbeda dari masakan lain. Bagi Anda yang gemar menyantap beragam jenis makanan pedas, maka hidangan ayam goreng rica-rica spesial yang satu ini dapat menjadi hidangan yang tepat untuk disantap setiap saat.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Rica-Rica Spesial :