Resep Ayam Goreng Madu Mentega (Honey Butter Fried Chicken)


Varian resep seperti ayam goreng madu mentega memang dapat dikatakan sebagai resep masakan ayam yang sudah dikembangkan. Sajian ini sebenarnya merupakan hidangan ayam goreng tepung namun menggunaka saus yang sedikit berbeda. Dikatakan berbeda karena hidangan ini menggunakan madu sebagai salah satu bahan utamanya.

Resep Ayam Goreng Madu Mentega (Honey Butter Fried Chicken)

Belakangan ini, bahan alami seperti madu sendiri memang mulai digunakan untuk kombinasi berbagai macam masakan. Dan salah satunya yakni digunakan untuk membuat menu ayam goreng. Mungkin terdengar sedikit aneh, namun ayam goreng madu mentega ini dipastikan memiliki citarasa yang enak dan lezat.

Kendati di dominasi oleh rasa manis, namun hidangan ayam goreng mentega ini juga memiliki rasa gurih hingga ke bagian dagingnya. Bagi Anda yang sudah tidak sabar, maka inilah resep dan juga cara membuat ayam goreng madu mentega yang lezat dan spesial.

Bahan dan Bumbu untuk Membuat Ayam Goreng Madu Mentega

  • Ayam sebanyak 1 ekor
  • Tepung serbaguna sebanyak 40 gram
  • Tepung maizena sebanyak 30 gram
  • Baking powder sebanyak 1/4 sendok teh
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Garam sebanyak 2 sendok teh
  • Merica sebanyak 1 sendok teh
  • Kacang tanah sangrai sebanyak 1/4 cup
  • Minyak goreng secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Crispy Bumbu Barbeque yang Lezat

Bahan untuk Membuat Saus Madu Mentega Ayam Goreng Madu Mentega

  • Mentega sebanyak 100 gram
  • Bawang putih sebanyak 5 siung kemudian cincang halus
  • Madu sebanyak 5 sendok makan
  • Kecap sebanyak 2 sendok teh
  • Gula sebanyak 50 gram
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Kremes Tulang Lunak yang Lengkap

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Madu Mentega

  1. Pertama-tama cuci bersih ayam lalu potong-potong sesuai dengan selera masing-masing. Masukan ke dalam wadah lalu lumuri dengan merica dan garam hingga merata. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit.
  2. Sementara menunggu, kocok telur dalam sebuah wadah. Kemudian campurkan tepung terigu, tepung maizena, dan baking powder pada wadah terpisah.
  3. Setelah 10 menit, masukan telur yang telah dikocok sebelumnya lalu aduk hingga bercampur rata. Dilanjutkan dengan memasukan bahan adonan tepung lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. 
  4. Langkah selanjutnnya, panaskan wajan dan minyak goreng dalam jumlah yang sedikit lebih banyak. Setelah panas, goreng adonan ayam tepung tadi hingga berwarna kekuningan lalu angkat dan sisihkan.
  5. Gunakan teknik double fried dan goreng kembali ayam hingga berwarna kecokelatan dan matang sempurna. Angkat lalu tiriskan.
  6. Untuk membuat saus madu mentega, maka panaskan kembali wajan engan api kecil namun tanpa minyak goreng. Setelah panas, masukan mentega dan biarkan hingga mencair.
  7. Setelah mentega panas dan mencair, tumis bawang putih hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah harum, masukan kecap dan juga gula lalu tumis hingga tercampur rata dan gula mencair.
  8. Langkah selanjutnya yakni memasukan madu dan aduk hingga seluruh adonan tercampur rata dan mengeluarkan buih yang cukup banyak.
  9. Dan langkah terakhir yakni masukan ayam goreng tepung yang telah disisihkan terlebih dahulu sebelumnya dan juga kacang tanah yang telah dihaluskan. Aduk hingga ayam bercampur rata dengan saus madu mentega tadi.
  10. Angkat lalu hidangkan di piring saji selagi hangat.
Itulah cara memasak dan membuat hidangan ayam goreng madu mentega yang spesial dan berbeda. Jika Anda gemar menyantap makanan yang cenderung manis dan gurih, maka varian resep masakan dari ayam ini wajib Anda coba. Semoga resep ayam goreng madu mentega di atas dapat menjadi referensi yang bermanfaat dan menambah koleksi resep masakan Anda semuanya.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Madu Mentega (Honey Butter Fried Chicken) :

1 komentar:

CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.

Tim dengan skill yang profesional sehingga hasil kerja lebih efektif dan efesien.

Tenda Kerucut / Sarnafil

Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gsm dan 550 gsm Blackout yang dapat ditutup dan dibuka. Bisa juga menggunakan atap transparan.

Tenda jenis ini dapat digunakan untuk :
- Berbagai kegiatan promosi / event.
- Bazar, Seminar dan Pameran.
- wedding (pernikahan)
Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m. Tenda ini juga bisa ditambahkan ornamen - ornamen seperti dinding ataupun pintu yang terbuat dari mika.

Tenda Kerucut menggunakan ranga besi sedangkan Tenda Sarnafil menggunakan rangka alumunium.

Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA

Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00
Anda juga dapat menghubungi kami di :
https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
https://tendagudangbogor.blogspot.com/
Twitter : @TangerangRoder
Instagram : @tendapameranjakarta
Instagram : @tendagudangjakarta
SHOPEE : @https:tendarodertangerang
TOKOPEDIA :@partisipameran23
PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

Balas