Resep Ayam Goreng Penyet Pedas Spesial


Resep ayam goreng penyet pedas ini memang bukan merupakan varian resep olahan ayam yang baru. Akan tetapi, bagi Anda yang gemar menyantap makanan pedas, maka hidangan ayam goreng ini dapat menjadi salah satu pilihan menu yang tepat. Karena ayam goreng penyet pedas ini memang memiliki citarasa yang dominan pedas.

Resep Ayam Goreng Penyet Pedas Spesial

Hingga saat ini memang sudah terdapat aneka masakan ayam yang dapat menjadi resep pilihan. Sehingga ketika bosan dengan resep yang ada, maka dapat menggunakan berbagai macam resep ayam goreng lainnya sebagai resep alternatif. Dengan variasi resep yang ada pada saat ini, maka dipastikan kita pun tidak akan merasa bosan dengan resep olahan ayam yang ada.

Salah satu contohnya seperti resep ayam goreng penyet pedas spesial ini, dimana ayam goreng akan diolah bersamaan dengan sambat yang membuat citarasanya tidak hanya gurih namun juga pedas. Penasaran dengan resep spesial ini? Inilah resep dan cara membuat ayam goreng [enyet pedas spesial yang dapat Anda semua coba sendiri di rumah.

Bahan-bahan Ayam Goreng Penyet Pedas

  • Ayam sebanyak 1/2 kg

Bahan untuk Bumbu Halus Ayam Goreng Penyet Pedas

  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Kemiri sebanyak 3 butir
  • Kunyit sebesar 1 ruas
  • Garam sebanyak satu sendok teh
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Tepung Spicy Oatmeal Ala KFC yang Lezat

Bahan untuk Bumbu Sambal Ayam Goreng Penyet Pedas

  • Cabai merah sebanyak 5 buah
  • Cabai rawit merah sebanyak 3 buah
  • Tomat sebanyak 1/4 buah
  • Bawang merah sebanyak 1 siung
  • Bawang putih sebanyak 1 siung
  • Terasi secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Bungkus Kertas Unik Spesial

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Penyet Pedas

  1. Pertama-tama cuci bersih ayam terlebih dahulu, setelah itu dapat di potong-potong sesuai dengan selera.
  2. Kemudian didihkan air sekitar 750ml pada sebuah panci. Sambil menunggu air mendidih, haluskan semua bahan bumbu halus yang telah disiapkan tadi.
  3. Setelah air mendidih, masukan bumbu dan juga ayam lalu aduk terlebih dahulu hingga semua bumbu tercampur rata. Ungkep ayam tersebut hingga airnya surut dan tersisa bumbunya saja yang mengental. Setelah itu, angkat dan tiriskan.
  4. Siapkan wajan dengan jumlah minyak goreng yang cukup banyak dengan api sedang, setelah minyak panas lalu goreng seluruh ayam ungkep tadi hingga warnanya berubah menjadi kuning ke-emasan. Angkat dan tiriskan kembali.
  5. Langkah selanjutnya yakni membuat sambal, goreng terlebih dahulu tomat, bawang, cabai, cengek, dan terasi selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu angkat dan langsung di ulek menggunakan cobek, tambahkan juga gula merah dan garam secukupnya. Untuk cabai merah dan cabai rawit, dapat ditambahkan sesuai dengan selera masing-masing.
  6. Koreksi terlebih dahulu rasa sambal tersebut, jika rasanya sudah pas menurut selera maka masukan satu persatu ayam yang telah di goreng tadi. Tekan-tekan ayam goreng menggunakan mutu pada cobek lalu aduk hingga ayam dan sambal dapat tercampur rata.
  7. Hidangkan pada piring saji dan dapat ditambahkan pelengkapseperti daun selada segar, irisan tomat, dan irisan mentimun. Ayam goreng penyet pedas ini paling pas di hidangkan dengan nasi hangat.
Sangat mudah bukan membuat ayam goreng penyet pedas yang spesial ini? Membuat masakan berbahan dasar ayam memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Namun jika sudah mendapatkan resep yang tepat, maka tidak menutup kemungkinan dapat menjadi hidangan yang sangat spesial. Seperti contohnya yakni resep ayam goreng penyet pedas spesial di atas tadi.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Penyet Pedas Spesial :