Resep Ayam Goreng Sarang Tawon Crunchy dan Gurih


Resep ayam goreng sarang tawon atau yang dikenal juga dengan nama ayam goreng kremes, belakangan ini memang tengah digemari olah banyak kalangan. Resep olahan ayam sendiri kini memang sudah sangat beragam dan bermacam-macam. Terutama resep ayam goreng yang dikenal praktis dan mudah untuk dibuat.

Resep Ayam Goreng Sarang Tawon Crunchy dan Gurih

Namun karena kemudahannya tersebut, terkadang sebagian kalangan merasa bosan dengan resep ayam goreng konvensional yang sudah ada hingga saat ini. Agar tidak bosan dengan resep ayam goreng yang ada, maka Anda pun dapat mencoba berbagai macam varian resep ayam goreng lain seperti salah satunya resep ayam goreng sarang tawon ini.

Selain teksturnya yang crunchy atau renyah, ayam goreng sarang tawon ini juga memiliki citarasa yang gurih dan lezat. Penasaran ingin mencobanya? Maka berikut ini adalah resep ayam goreng sarang tawon lengkap dengan cara pembuatannya.

Bahan-bahan Ayam Goreng Sarang Tawon

  • Ayam sebanyak 1 ekor, kemudian potong menjadi 12 bagian/sesuai dengan selera
  • Tepung tapioka sebanyak 5 sendok makan
  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Tepung Saus Asam Manis yang Lezat

Bahan untuk Bumbu Halus Ayam Goreng Sarang Tawon

  • Bawang putih sebanyak 5 siung
  • Jahe sebesar 1 ruas jari
  • Kunyit sebesar 1/2 ruas jari
  • Kemiri sebanyak 3 butir
  • Serai sebanyak 2 batang
  • Laos sebesar 2 ruas jari
  • Ketumbar secukupnya
  • Garam, penyedap rasas ayam, vetsin, dan gula secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Khas Taiwan yang Renyah dan Gurih

Cara Mudah Membuat Ayam Goreng Sarang Tawon

  1. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mencuci ayam terlebih dahulu hingga bersih, setelah itu sisihkan ayam.
  2. Kemudian, haluskan semua bahan bumbu halus yang telah Anda siapkan sebelumnya. Dapat dihaluskan dengan cara di blender atau diulek hingga halus.
  3. Setelah bumbu halus jadi, campurkan bumbu halus dengan ayam yang telah Anda cuci sebelumnya. Aduk hingga semua ayam terumuri oleh bumbu secara merata.
  4. Dan langkah selanjutnya yakni ungkep ayam tersebut hingga setengah matang dan bumbunya meresap ke dalam daging ayam.
  5. Setelah ayam setengah matang, pisahkan dan sisihkan ayam pada wadah lain terlebih dahulu. Namun jangan buang kuah bekas rebusan ayam sebelumnya, melainkan masukan tepung tapioka ke dalam air rebusan tersebut dan aduk hingga merata.
  6. Setelah memasukan tepung tapioka, masukan juga 1 butir telur ayam dan aduk hingga semua bumbu tersebut tercampur rata lalu sisihkan.
  7. Langkah selanjutnya yakni memanaskan wajan dengan minyak goreng dengan jumlah yang cukup banyak. Kemudian goreng seluruh ayam yang telah dipisahkan tadi hingga matang dan warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. Usahakan seluruh permukaan ayam terendam oleh minyak goreng dengan sempurna.
  8. Sedangkan untuk membuat sarang tawon, Anda tinggal melanjutkan menggoreng campuran tepung tapioka, telur, dan kuah ayam tadi ke dalam minyak panas. Tuangkan sedikit demi sedikit dengan sendok makan dan goreng hingga matang dan kering. Angkat, dan sisihkan.
  9. Terakhir, hidangkan ayam goreng tadi pada piring saji dan berikan taburan sarang tawon di atasnya. Ayam goreng sarang tawon hasil kreasi Anda pun siap dihidangkan.
Resep ayam goreng di atas tadi merupakan variasi dari menu ayam goreng yang ada pada saat ini. Jika dilihat sepintas, maka sajian ayam goreng ini memang mirip dengan ayam goreng tepung. Namun sebenarnya resep ayam goreng sarang tawon ini berbeda dan tentunya memiliki citarasa khas tersendiri.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Sarang Tawon Crunchy dan Gurih :