Resep Ayam Goreng Tepung Crispy Renyah ala KFC


Siapa yang tak kenal dengan salah satu olahan ayam seperti ayam goreng tepung crispy? Ya, saat ini makanan olahan ayam tersebut mungkin sudah sangat digemari oleh berbagai kalangan usia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Telebih saat ini juga semakin banyak kalangan yang mengembangkan resep ayam goreng tersebut.

Resep Ayam Goreng Tepung Crispy Renyah ala KFC


Untuk Anda yang gemar memasak makanan sendiri, mungkin ada rasa penasaran tersendiri terhadap resep dan cara mengolah ayam goreng tepung crispy tersebut. Dibanding dengan membelinya di luaran, tentu akan lebih memuaskan jika Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Lalu bagaimana cara mengolahnya? Langsung saja, berikut ini adalah resep serta cara mengolah ayam goreng tepung crispy yang dapat dicoba sendiri di rumah.

Bahan-bahan Utama Ayam Goreng Tepung Crispy

  • Ayam negeri sebanyak 500 gram
  • Kaldu ayam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air jeruk nipis secukupnya

Coba Juga : Resep Ayam Goreng Lengkuas Khas Kota Bandung

Bahan-bahan untuk Pencelup Ayam Goreng Tepung Crispy

  • Tepung terigu sebanyak 5 sendok makan
  • Tepung tapioka/kanji sebanyak 1 sendok makan
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  • Air es secukupnya
  • Garam, merica, dan kaldu ayam secukupnya

Bahan-bahan untuk Pelapis Ayam Goreng Tepung Crispy

  • Tepung terigu sebanyak 7 sendok makan
  • Susu bubuk sebanyak 1 sendok makan
  • Tepung tapioka/kanji sebanyak 1 sendok makan
  • Baking powder sebanyak 1 sendok teh
  • Garam, kaldu ayam, dan merica secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Coba Juga : Resep Ayam Goreng Bumbu Kuning Spesial, Renyah dan Gurih!

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Tepung Crispy ala KFC

  1. Pertama-tama bersihkan dan cuci terlebih dahulu ayam hingga bersih. Setelah itu, olah ayam bersama dengan semua bumbu yang telah disiapkan, remas-remas ayam dengan bumbu tersebut agar bumbunya meresap sempurna. Kemudian masukan terlebih dahulu ke dalam freezer selama kurang lebih 15 menit.
  2. Sementara menunggu, buatlah terlebih dahulu adonan untuk celupan ayam. Campurkan bahan seperti tepung terigu, baking powder, tepung tapioka/kanji, kaldu bubuk, merica, dan garam dalam sebuah wadah. Setelah tercampur, tuangkan air es sedikit demi sedikit sambil terus di aduk hingga Anda mendapatkan tingkat kekentalan yang pas (tidak terlalu encer namun tidak terlalu kental).
  3. Sedangkan untuk bahan pelapis, Anda hanya tinggal mencampurkan seluruh bahan seperti tepung terigu, baking powder, susu bubuk, tepung tapioka/kanji, kaldu bubuk, merica, dan garam dalam sebuah wadah. Sisihkan terlebih dahulu.
  4. Setelah semua adonan pelapis dan pencelup selesai, maka keluarkan ayam dari lemari es. Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mencelupkan ayam pada bahan adonan pencelup yang sudah Anda buat tadi. Lakukan hingga ayam tertutup rata oleh adonan tersebut.
  5. Setelah itu, gulingkan dan taburi ayam dengan bahan adonan pelapis hingga semua permukaannya tertutup rata. Tidak perlu meremas-remas ayam namun cukup menekan perlahan dengan jari tangan aga adonan yang menempel lebih padat.
  6. Terakhir, panaskan minyak goreng dalam wajan dan usahakan jumlahnya dapat merendam ayam saat do goreng. Setelah panas, kecilkan api dan goreng ayam yang telah dicelup dan dilapisi oleh adonan tersebut hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  7. Setelah matang, angkat dan tiriskan terlebih dahulu ayam goreng tepung crispy agar minyaknya tidak terlalu banyak.
  8. Selagi matang, sajikan ayam goreng tepung crispy hasil kreasi Anda tersebut bersama dengan saus sambal atau saus tomat. Dapat di hidangkan dengan nasi hangat ataupun kentang goreng.

Resep masakan dari ayam di atas tadi memang dapat dikatakan sebagai salah satu resep yang cukup favorit hingga saat ini. Semenjak terkenalnya franchise ayam goreng ternama dari luar negri yakni KFC, maka semakin banyak juga yang mengembangkan resep ayam goreng ini. Selamat mencoba, dan semoga resep ayam goreng tepung crispy ini dapat bermanfaat dan menambah koleksi resep masakan Anda semuanya.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Tepung Crispy Renyah ala KFC :