Resep Ayam Goreng Sambal Pencit Khas Jawa Timur


Bagi Anda yang ingin mencoba varian menu ayam goreng dari daerah Provinsi Jawa Timur maka resep ayam goreng sambal pencit ini dapat Anda coba. Resep olahan ayam yang satu ini memang merupakan salah satu kuliner yang khas dari daerah Jawa Timur. Terlihat dari penggunaan kata "pencit" yang berarti mangga muda.

Resep Ayam Goreng Sambal Pencit Khas Jawa Timur


Tentu Anda sudah dapat membayangkan bagaimana rasanya ayam goreng yang gurih dikolaborasikan dengan sambal pencit yang asam dan pedas. Dapat dipastikan bahwa masakan khas Jawa Timur ini akan menggoyang lidah Anda. Terlebih, cara pembuatannya pun tidaklah sulit dan terhitung sangat mudah.

Untuk Anda yang penasaran ingin mencoba kuliner dari Jawa Timur tersebut, maka inilah resep ayam goreng sambal pencit lengkap dengan cara membuatnya.

Bahan untuk Membuat Ayam Goreng Sambal Pencit

  • Ayam sebanyak 500 gram
  • Daun salam sebanyak 2 lembar
  • Serai sebanyak 1 batang (geprek, hanya bagian putihnya saja)
  • Air kurang lebih 300 ml
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Asam Pedas yang Lezat

Bahan untuk Bumbu Halus Ayam Goreng Sambal Pencit

  • Bawang putih sebanyak 3 siung
  • Kemiri sebanyak 3 buah
  • Ketumbar sebanyak 1 sendok teh
  • Kunyit sebesar 1 ruas
  • Jahe sebesar 2 cm
  • Garam secukupnya

Bahan untuk Membuat Sambal Ayam Goreng Sambal Pencit

  • Mangga muda (pencit) sebanyak 1 buah
  • Cabe rawit sebanyak 10 buah
  • Garam
  • Minyak goreng panas sebanyak 1 sendok makan
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Renyah Ala Bangkok Thailand

Cara Membuat Ayam Goreng Sambal Pencit

  1. Pertama-tama potong ayam yang sudah anda siapkan sebelumnya (potong sesuai selera), kemudian cuci ayam hingga bersih dan tiriskan.
  2. Langkah selanjutnya, panaskan panci yang sudah berisis air hingga mendidih.
  3. Sementara menunggu air mendidih, haluskan seluruh bahan bumbu yang telah di siapkan. Setelah air mendidih, masukan bumbu halus tesebut bersama dengan beberapa bahan bumbu lainnya seperti serai, daun salam, dan juga ayam.
  4. Masak hingga airnya menyusut dan berkurang, setelah itu angkat ayam lalu tiriskan.
  5. Panaskan wajan dengan jumlah minyak goreng yang cukup banyak dengan api sedang. Setelah minyak panas, goreng ayam dan juga sisa bumbu rebusan ayam sebelumnya hingga ayam garing dan berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan saring bumbu yang ikut digoreng bersama ayam, lalu tiriskan minyaknya.
  6. Setelah ayam goreng matang, maka kini saatnya membuat sambal pencit. Caranya yakni dengan mengupas dan mencuci bersih buah mangga muda yang telah Anda persiapkan terlebih dahulu sebelumnya.
  7. Kemudian, potong mangga muda tersebut dengan ukuran sebesar batang korek api atau dapat juga dengan menyerutnya.
  8. Setelah itu, siapkan cobek kemudian haluskan cabai rawit dengan garam. Setelah halus, masukan mangga muda yang telah Anda potong/serut tadi dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  9. Terakhir, tuangkan minyak goreng panas pada sambal tersebut dan aduk kembali hingga semua bahan samabl tercampur rata.
  10. Hidangkan ayam goreng yang telah ditirskan pada piring saji bersamaan dengan sambal pencit yang baru saja Anda buat. Anda dapat menambahkan bahan pelengkap seperti lalapan, goreng tahu dan goreng tempe. Dan ayam goreng sambal pencit ini paling tepat di hidangkan dengan nasi hangat.
Sebenarnya cara membuat menu ayam goreng ini tidak berbeda jauh dengan cara memasak ayam goreng pada umumnya. Hanya saja yang membedakan resep ayam goreng ini adalah pada hidangan sambalnya. Semoga resep ayam goreng sambal pencit di atas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Sambal Pencit Khas Jawa Timur :