Resep Ayam Goreng Ala Resto yang Lezat dan Renyah


Penasran dengan resep ayam goreng ala resto? Ya, mungkin Anda adalah salah seorang yang pernah berpikir "mengapa ayam goreng di resto-resto bisa selezat itu?". Padahal jika sudah mengetahui resepnya, tidak ada kata sulit untuk membuatnya karena bahannya pun sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar kita.

Resep Ayam Goreng Ala Resto yang Lezat dan Renyah

Tekstur yang crunchy dengan rasa yang gurih dan juga lezat memang selalu menjadi daya tarik ayam goreng yang dihidangkan di berbagai resto. Penasaran ingin bisa membuatnya sendiri di rumah? Langsung saja, inilah varian resep ayam goreng ala resto lengkap dengan cara membuatnya.

Bahan-bahan Ayam Goreng Ala Resto :

  • Ayam sebanyak 1 ekor, kemudian potong menjadi 8 bagian
  • Garam sebayak 1 sendok teh
  • Chicken powder sebanyak 1 sendok makan
  • Merica bubuk sebanyak 1/2 sendok teh
  • Bumbu penyedap rasa sebanyak 1/2 sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Sambal Pencit Khas Jawa Timur

Bahan untuk Tepung Bumbu Ayam Goreng Ala Resto :

  • Tepung terigu protein sedang sebanyak 1 kg
  • Tepung sagu sebanyak 2 sendok makan
  • Soda kue sebanyak 5 gram
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
  • Chicken powder sebanyak 1 sendok makan
  • Merica serbuk sebanyak 1 sendok teh

Bahan untuk Celupan Ayam Goreng Ala Resto :

  • Putih telur dari 1 butir telur
  • Chicken powder sebanyak 1 sendok makan
  • Air sebanyak 500 ml
Coba Juga : Resep Ayam Goreng Mentega Asam Pedas yang Lezat

Cara Mengolah dan Membuat Ayam Goreng Ala Resto :

  1. Pertama-tama, cuci bersih ayam terlebih dahulu kemudian tiriskan.
  2. Siapkan sebuah wadah besar, kemudian masukan ayam dan campurkan dengan bumbu yang telah Anda siapkan sebelumnya. Aduk hingga bumbu tercampur rata dengan daging ayam lalu diamkan dan sisihkan terlebih dahulu selama kurang lebih 15 menit agar bumbu meresam sempurna.
  3. Sementara menunggu, siapkan sebuah wadah baru terpisah dan campurkan bumbu celup dengan cara mengocok putih telur hingga berbuih. Setelah berbuih, masukan chicken powder dan aduk kembali hingga bumbu bercampur rata. Tuangkan air lalu aduk sebentar dan sisihkan.
  4. Setelah membuat bumbu celupan, Anda juga harus mencampurkan bumbu pelapis. Siapkan satu buah wadah baru terpisah lalu masukan seluruh bahan tepung bumbu pelapis, aduk perlahan hingga seluruh bahan tercampur rata.
  5. Setelah 15 menit, ambil 1 potong ayam kemudian gulingkan di tepung bumbu hingga seluruh permukaannya tertutup bumbu pelapis tepung tersebut. Setelah itu, celupkan ayam tersebut pada bumbu celup yang telah Anda buat tadi lalu angkat setelah semua permukaannya terlumuri. Masukan kembali pada adonan pelapis tepung dan gulingkan hingga seluruh permukannya tertutup kembali dengan tepung bumbu pelapis kering. Lakukan cara tersebut pada seluruh ayam yang tersisa.
  6. Setelah ayam siap, panaskan wajan dengan minyak goreng yang banyak menggunakan api sedang. Setelah minyak panas, goreng ayam dengan teknik deep frying hingga seluruh permukaannya terendam oleh minyak goreng.
  7. Goreng ayam hingga matang dan warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan dan berkulit. Angkat dan tiriskan minyaknya.
  8. Siapkan piring saji, hidangkan ayam goreng ala resto hasil kreasi Anda tersebut dengan hiasan daun selada, potongan timmun dan tomat, serta saus sambat.
  9. Hidangkan selagi hangat. Sajian ayam goreng ini paling tepat dihidangkan dengan nasi hangat.
Sebenarnya tak sulit membuat varian resep masakan ayam yang kerap dihidangkan di resto-resto atau rumah makan ternama. Hanya saja biasanya sebagian orang malas membuatnya, padahal dewasa ini sudah banyak referensi mengenai resep ayam goreng yang dapat dicoba ketika ingin bisa membuatnya sendiri dirumah. Semoga resep ayam goreng ala resto yag sederhana namun lezat di atas tadi dapat menjadi referensi yang bermanfaat.


Artikel Terkait Resep Ayam Goreng Ala Resto yang Lezat dan Renyah :